Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Sabtu, 05 November 2011

Awas Lalat Bawa Influenza - Diare

BATU – Datangnya musim penghujan seperti sekarang ini, biasanya disertai munculnya penyakit musiman, inflensa dan diare. Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, mengingatkan agar warga tetap waspada selama Nopember ini.
‘’ Kondisi seperti sekarang ini, masih bisa dikatakan sebagai pancaroba (pergantian musim). Penyakit  pada musim pancaroba biasanya influenza dan diare,’’ tegas dr Endang Triningsih.
Menurutnya, penyakit diare sangat rentan menyerang anak-anak ketika musim penghujan. Penyakit tersebut disebarkan oleh lalat, karena sebelumnya hinggap pada kotoran. Sedangkan pada musim penghujan, populasi lalat akan sangat banyak.
Untuk antisipasi, warga tetap harus menjaga kebersihan lingkungan dengan cepat membuang sampah utamanya menjauhkan dari lingkungan yang masih basah. Dinskes pun sudah mengantisipasi dengan memperbanyak obat diare pada musim penghujan ini. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pasien diare untuk rawat jalan dan rawat inap, cukup banyak di Puskesmas Batu. ‘’Kami harus antisipasi. Obat diperbanyak sehingga tidak akan kekurangan jika pasien diare atau influenza meningkat,’’ tegas mantan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Batu ini.
Ketua IDI Komisariat Malang Barat, ini menambahkan Dinkes menggratiskan biaya pengobatan influenza maupun diare meski ada penambahan obat. Karena itu, setiap ada orang yang mengalami penyakit diare, sebaiknya langsung datang ke Puskesmas.
‘’Kami juga sudah drop obat ke Puskesmas Pandanrejo, Beji dan Junrejo. Puskesmas itu juga pasti kedatangan pasien, yang meningkat pada musim pancaroba seperti sekarang,’’ tegas Endang.
Sedangkan Kepala Puskesmas Batu, dr Santoso,  menjelaskan waktu musim penyakit itu, rata-rata pasien berkunjung ke Puskesmas Batu sebanyak 10 orang per harinya. Jumlah tersebut masih normal, karena musim penghujan masih beberapa hari di Kota Batu. ‘’ Makan dan minum sehat, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan adalah antisipasi datangnya penyakit,” imbau Santoso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar