Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Minggu, 17 April 2011

KIM Bisa Jadi Pioner di Daerah

Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di kabupaten/kota Jawa Timur akan menjadi pioner daerah itu sendiri. Kerena dengan adanya KIM daerah-daerah bisa mempromosikan potensinya sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jawa Timur Drs Sujono MM saat membuka Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) se Bakorwil Madiun di Madiun, Jumat (15/4) mengatakan, keberadaan KIM dan telecenter yang tersebar di berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur bisa membantu memperkenalkan dan mempromusikan produk-produk unggulan yang ada didaerah tersebut.

Melalui KIM dan telecenter produk-produk yang belum terkenal setelah di oneline-kan bisa menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dampaknya bagi para pengrajin dan pengusaha yang tergabung dalam UMKM produk-produknya cepat dikenal oleh masyarakat dipaskikan omzet penjualannya akan terus meningkat.

Kepala Bakorwil Madiun Harjogi SH MSi mengatakan, komunikasi dari tahun ke tahun terus berkembang mengikuti zamannya dan tiada batasnya. Meskipun demikian secanggih-canggihnya sarana dan perangkat komunikasi tetapi masih membutuhkan manusia.

Komunikasi, menurutnya, perangkatnya dan letaknya dibagi menjadi beberapa jenis. Seperti di udara komunikasi memerlukan teknologi yang canggih, begitu pula di darat komunikasi memerlukan sarana dalam penyebarannya seperti melalui media cetak dan elektronika. Tetapi kesemuanya itu masih membutuhkan manusia dalam melipat gandakan dan penyebaran informasi. Oleh sebab itu manusia yang tergabubg dalam wadah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) bersama telecenter menjadi sangat penting dalam melipatgandakan dan penyebaran informasi saat ini.

Meskipun KIM dalam perkembangannya masih timbul tenggelam tetapi pemerintah terus mendorong agar KIM bisa berkembang dangan baik sekaligus tecenternya. Karena penyebaran informasi menjadi mudah dan jangkauannya lebih luas. Dengan demikian arus informasi yang semakin mudah akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat khususnya Jawa Timur.

LCCK se-Bakorwil Madiun diikuti oleh KIM Bumi Penataran Kabupaten Blitar, KIM Tani Makmur Kabupaten Ngawi, KIM Pijar Emas Kota Blitar dan KIM Bernah Jaya dari Kabupaten Tulungagung.

Setelah unjuk kemampuan dan kebolehan kurang lebih dua jam akhirnya dewan Juri memutuskan memberikan kemenangan KIM Pijar Emas dari Kota Blitar. Dengan demikan KIM Pijar Emas dari Kota Blitar menyusul KIM Warkop Kota Batu dan KIM Asa Kota Kediri maju ke pekan KIM tingkat Jawa Timur di Tulungagung pada Juli mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar