Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Kamis, 23 Juni 2011

Masuk SMA, Tes Urine Dulu

BATU –Untuk kali pertama, 300 siswa yang baru lulus SMP Kamis siang kemarin menjalani tes urine. Tes yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional ( BNN ) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Batu, ini  untuk mengetahui apakah mereka mengonsumsi narkoba ataupun obat-obatan terlarang sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA.
Tes urine itu dilakukan atas permintaan beberapa sekolah SMA di Kota Batu, dan bebas dari narkoba jadi salah satu persyaratan mendaftar ke sejumlah SMA itu. ‘’ Kami ingin mengetahui, apakah mereka mengonsumsi narkoba atau tidak sebelum masuk SMA. Saya kira wajar sekolah meminta anak-anak tes urine terlebih dahulu, karena ingin mendapatkan generasi yang bebas narkoba,’’ ungkap Ketua Pelaksana Harian BNN Kota Batu, AKBP Sanusi Sahlan.
BNN bekerja sama dengan dokter dan laboratorium medis, untuk mengecek kandungan urine anak-anak yang bakal masuk SMA itu. Meski seseorang pernah dan telah berhenti mengonsumsi narkoba dalam kurun waktu tiga bulan, tetap bisa diketahui melalui tes urine itu.
‘’Kalau obat yang dikonsumsi memiliki kadar tinggi, semuanya tetap akan kelihatan meski dia sudah berhenti selama tiga bulan,’’ tambah mantan Kapolsekta Klojen Kota Malang ini.
Selama ini, BNN sendiri sangat aktif dalam melakukan pencegahan penggunaan narkoba di kota ini. Dan tes urine untuk anak-anak tersebut, baru dilakukan tahun ini. Sebelumnya baru sebatas penyuluhan ke sekolah-sekolah agar para siswa semakin menjauhi narkoba.
Bahkan, BNN juga merencanakan membentuk satgas anti narkoba di sekolah dengan anggota para siswa. Caranya, beberapa siswa yang dipilih akan diberikan pengetahuan khusus mengenai obat-obat terlarang sampai cara mengenali ciri-ciri anak yang mengonsumsi narkoba.
Jika satgas tersebut punya pengetahuan semacam itu, dia bisa mendeteksi secara dini pengguna narkoba atau zat terlarang di sekolahnya. Mereka tidak perlu memberikan pertanyaan kepada anak yang mengonsumsi narkoba, namun akan tahu dari sifat. ‘’Nanti ada enam sekolah yang akan menjadi pilot project keberadaan satgas narkoba ini,’’ tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar