Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Senin, 27 Juni 2011

Karang Taruna Gempar Masuk Nominasi

BUMIAJI – Karang Taruna GEMPAR (Generasi Muda Pandanrejo) Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, lolos masuk tujuh besar tingkat Provinsi Jatim tahun 2011 melalui penilaian ketat Senin kemarin. Kini, proses penilaian dilanjutkan pada perebutan tiga besar.
Tim penilai dari Provinsi, kemarin  datang ke sekretariat sekaligus turun lapangan secara langsung. Kedatangan tim ke Kota Batu, itu setelah melakukan penilaian Karang Taruna di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang yang juga lolos masuk tujuh besar tingkat Provinsi.
‘’ Kami sudah mengikuti seleksi administrasi, dan syukur bisa lolos hingga tujuh besar tingkat Provinsi. Karang Taruna GEMPAR, tentunya sangat berharap seperti Karang Taruna desa / kelurahan lain Kota Batu yang cukup berprestasi di tingkat Jatim maupun nasional,’’ ungkap Syaifullah, Ketua Karang Taruna GEMPAR.
Menurutnya, ada tiga program yang selama ini dijalankan Karang Taruna di bawah koordinasinya. Yakni, sosial kemasyarakatan, usaha kemasyarakatan sosial dan usaha ekonomi kemasyarakatan. Usaha sosial kemasyarakatan, diantaranya dengan melakukan santuan kepada anak yatim piatu atau kurang mampu. Usaha kemasyarakatan sosial, dilakukan dengan donor darah secara rutin setiap tiga bulan sekali.
Sedangkan usaha ekonomi kemasyarakatan, berupa budidaya jamur, membatik, usaha rafting, dan budidaya strawberry. Dalam melakukan budidaya jamur, anggota pihaknya menjalin kemitraan dengan SMKN 2 Batu. Sedangkan untuk usaha batik, menggandenng Batik Raden Wijaya. Untuk rafting bermitra dengan bersama Kaliwatu. Sedangkan budidaya strawberry, sudah dilakukan dengan menanam 3000 bibit.
‘’Anggota mendapatkan banyak keuntungan dalam bermitra itu. Selain belajar dalam dunia usaha, mereka juga mendapatkan penghasilan. Langkah ini tentu mengurangi angka pengangguran di Desa Pandanrejo. Sedangkan  anggota kami sebanyak 4000 orang, dan yang aktif ikut mengurusi semua unit usaha itu sebanyak 2000 orang,’’tambahnya.
Ketua Karang Taruna Kota Batu, Simon Purwo Ali menjelaskan, Karang Taruna dari desa/ kelurahan di kota ini memiliki prestasi dari tahun ke tahun. Karang Taruna Dadaprejo, misalnya, meraih predikat terbaik nasional tahun 2007. Sedangkan Karang Taruna Giripurno dan Temas, pernah juara III terbaik Jatim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar