Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Kamis, 02 Juni 2011

Wisatawan Dimanjakan Layanan URC

BATU – Pelaku usaha wisata di Kota Batu, kian inovatif dalam meningkatkan pelayanan. Halnya Pasar Oleh-oleh Khas Jawa Timur (POJA), yang dikelola BUMD PT. Batu Wisata Resource (BWR), Rabu lalu telah meluncurkan mobil Unit Reaksi Cepat (URC) demi meningkatkan pelayanan kepada wisatawan.
Nama mobil URC itu memang mirip dengan salah satu unit lapangan milik kepolisian, yang notabene bertugas mendatangi TKP kejahatan maupun memberi pengamanan kepad masyarakat. Bedanya, URC milik Poja ini  bergerak cepat melayani wisatawan. Pelayanan yang diberikan oleh Poja melalui mobil ini, untuk kemudahan konsumen mendapatkan oleh-oleh khas Batu, maupun informasi pariwisata plus fasilitas lain.
’’ Kami harus jemput bola mendatangi wisatawan. Begitu juga Wisatawan bisa memanggil kami sehingga mobil URC POJA datang dengan cepat kepada wisatawan, agar mereka mendapatkan oleh-oleh tanpa harus datang ke pasar,’’ ungkap Koordinator Paguyuban Pedagang POJA, Jalil.
Selain blusukan dari hotel ke hotel maupun dari satu obyek wisata ke tempat wisata lain, mobil Daihatsu Grend Max itu juga akan berkeliling ke seluruh wilayah Jatim. Langkah itu dilakukan, demi promosi POJA atau Kota Batu kepada calon wisatawan.
’’ Kami memiliki enam unit mobil URC. Selain keliling Kota Batu, kami akan keliling seluruh Jatim untuk promosi pariwisata kota ini,’’ ungkap Komisaris PT BWR, Dwi Martono Arlianto.
Mantan anggota KPU Kota Batu ini menjelaskan, POJA akan ikut terlibat dalam berbagai even di sejumlah kota, seperti Jember Fashion Carnival, Surabaya Big Sale, dan Majapahit Travel Fair. Semua kegiatan itu merupakan ajang terbaik semakin meningkatkan kunjungan wisata dengan promosi.
Dari enam unit mobil URC tersebut, satu unit diantaranya akan dioperasikan untuk layanan montir dalam usahanya membantu pengemudi bus wisata dan mobil wisatawan yang mogok. Jika ada kendaraan atau bus wisata mogok, sang sopir bisa menghubungi mobil URC yang siap meluncur lengkap dengan teknisi sekaligus peralatan.
Launching mobil URC POJA itu sendiri, berlangsung meriah. Prosesi tersebut diawali dengan konvoi dari balai kota menuju POJA di komplek Batu Galeria, Jalan Diponegoro. Menariknya, salah satu mobil URC itu dikemudikan oleh Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko. Kemudian, kendaraan yang membawa oleh-oleh sempat berhenti di Alun-alun lalu membagi-bagikannya kepada pengunjung secara gratis.
Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko menyambut baik langkah Pasar POJA meluncuran mobil tersebut. Langkah ini merupakan inovasi baru dalam meningkatkan pelayanan dan citra pariwisata Kota Batu.
Memang, saat ini Kota Batu baru mulai berbenah untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi wisatawan. Salah satu inovasi yang dilakukan PT BWR selaku pengelola Pasar POJA dengan kendaraan tersebut, merupakan bagian dari peningkatan pelayanan kepada wisatawan.
’’ URC memang dibutuhkan. Berdagang tidak bisa pasif, tetapi harus aktif  menjemput pembeli salah satunya dengan mengoperasikan kendaraan seperti itu untuk menangkap peluang pasar,’’papar Eddy Rumpoko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar