Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Jumat, 01 Juli 2011

Media Berperan Bangun Citra

BATU – Peran media dan masyarakat sipil dalam Pemilukada Kota Batu tahun depan, benar-benar sangat strategis. Peran tersebut utamanya mengawal proses Pemilukada, sehingga tercipta demokrasi dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota itu.
Hal itulah salah satu hasil rembug demokrasi, bertema peran media massa dan organisasi sipil dalam mengawal Pemilukada Kota Batu. Acara tersebut diselenggarakan KPU Kota Batu, kemarin. Sedangkan yang menjadi pembicara, Fadillah Putra Dosen Universitas Brawijaya, Doddy Wisnu Pribadi wartawan, dan Eko Yunianto aktifis Komunitas Batu untuk Demokrasi (KBD) serta Hidayat Murtadlo, Kepala Dinas Perhubungan dan Informasi Pemkot Batu.
Menurut Fadillah, media punya dua peran sekaligus yaitu sebagai media black campign karena menyampaikan fakta pelanggaran, yang dilakukan seseorang calon. Media mengeksplornya, termasuk kritik dari masyarakat terhadap perilaku si calon itu.
Di sisi lain, media juga berperan membangun citra calon yang bersangkutan. Itu bisa menguntungkan salah satu calon, dan bisa merugikan calon lainnya. Tetapi yang terpenting media harus fair, tidak berdiri di satu calon. Fadillah juga menyadari, bahwa media juga merupakan lembaga bisnis. Sehingga calon yang membayar lebih besar, tentunya akan lebih mendapat jatah liputan lebih besar.
Sementara Doddy mengatakan, calon harus pintar-pintar dalam memilih isu atau visi misi yang akan disampaikan melalui media. Saat ini isu-isu yang bersifat ideologis, sudah tidak banyak mendapat perhatian masyarakat. Sedangkan yang mendapat perhatian lebih, adalah mengangkat masalah keadilan dan kesejahteraan.
‘’Kuat atau tidaknya seorang calon mengangkat citra, tergantung pada isu yang dibawanya. Kalau dia memberikan sesuatu yang membuat masyarakat bisa senang atau sesuai kebutuhan, masyarakat akan bisa menerimanya,’’ tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar