Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Senin, 24 Oktober 2011

1337 Tim Ikut Festival Uleg-uleg

BATU-Festival Uleg-uleg yang digelar dalam rangka HUT ke 10 Kota Wisata Batu berlangsung semarak di Alun-alun Kota, kemarin. Dalam festival itu, seribu ibu-ibu turun ke jalan untuk mengikuti lomba rujak manis dan tahu dulit. Ribuan peserta secara bersama-sama menguleg sambal sesuai aba-aba dari panitia.
Dalam kategori lomba rujak manis, tim dari RT 5 RW 4 Desa Punten Kecamatan Bumiaji berhasil menjadi juara pertama dengan nilai 975. Sedangkan Juara 2 direbut Kelurahan Sisir Kecamatan Batu dengan nilai 950. Adapun juara 3 diraih Kelurahan Songgokerto Kecamatan Batu dengan mengantongi nilai 925.
Sesuai catatan panitia, jumlah peserta yang mendaftar mencapai 1337 tim dari seluruh RT dan RW di Kota Batu. Saat perlombaan, jumlah peserta yang hadir di Alun-alun Kota Wisata Batu mencapai 1000 orang. Saking banyaknya peserta yang mengikuti lomba rujak manis tempat lomba bahkan sampai mengitari alun-alun.
Seluruh peserta duduk pada tempat yang disediakan oleh panitia pada sepanjang trotoar yang mengitari alun-alun. Aksi tersebut menjadi tontonan menarik bagi pengendara jalan, wisatawan maupun seluruh warga Kota Wisata Batu. Sekitar pukul 08.00, ibu-ibu dalam kategori lomba rujak manis saling berlomba menguleg sambal.
Hasil ulegan tersebut kemudian dikombinasi dengan buah yang telah mereka persiapkan untuk dinilai juri. Seluruh kreasi peserta selalu terdapat buah khas kota tersebut yakni buah apel dari ladang warga sendiri. Tak hanya menyuguhkan rujak manis, ternyata warga mampu menyajikan menu itu dengan berbagai kreasi.
Adapun kategori tahu dulit, posisi tiga besar diraih oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Wisata Batu. Kantor Ketahanan Pangan Kota Batu merebut juara 1 dengan raihan nilai 950. Juara 2 diduduki peserta nomor 46 yakni Dinas Kesehatan Kota Batu dengan    nilai 925. Sedangkan juara 3 direbut nomor 45 dari Dinas Pendidikan Kota Batu nilainya mencapai 900.
Menariknya, dalam lomba tahu dulit, Ketua TP PKK Kota Batu Dewanti Rumpoko meraih juara 5 dengan nilai 850. Saat menguleg sambal, istri Walikota itu mendapat dukungan dari warga yang menonton lomba. Bahkan saat menguleg warga dengan antusias meminta Dewanti menambah bumbu serta kecap manis.“Festival ini sesuatu yang bagus, gebyarnya mendukung Pemkot Malang, kader PKK dalam hal ini mendukung penuh sebagai peserta,” ujar Dewanti.
 Mistin Wakil Ketua Panitia HUT ke 10 Kota Wisata Batu mengatakan bahwa lomba itu diharapkan bisa menjadi even tahunan. Menurut dia dari 1337 peserta yang mendaftar, yang hadir mencapai lebih dari 1000 orang. Kegiatan tersebut selain menjadi akan diusulkan menjadi agenda tahunan juga dikembangkan sebagai kegiatan ekonomi kreatif.
Ditambahkan,  hadiah kepada pemenang lomba rujak manis akan diberikan tanggal 26 Oktober 2011. Hadiah itu diberikan bersamaan dengan malam Puncak Gemilang 10 tahun Kota Wisata Batu. Sedianya puncak gemilang itu akan digelar mulai pukul 19.00 di Alun-Alun Kota Wisata Batu dengan bintang tamu D’Massive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar