Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Senin, 24 Oktober 2011

DAK Pendidikan Cair Rp. 4,2 M

BATU – Kota Batu mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan, sebesar Rp 4,2 M tahun 2011. Anggaran tersebut tidak hanya digunakan untuk pembangunan fisik, tetapi juga dialokasikan meningkatkan kualitas guru kota ini.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, RM Zakaria menjelaskan, DAK sebesar itu sudah cair pertengahan Oktober lalu. Dana tersebut sudah siap digunakan untuk program fisik, maupun peningkatan kualitas pengajaran bagi guru.
‘’Pembinaan guru dan pembangunan fisik, harus seimbang menggunakan DAK ini,’’ jelas mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu ini.
Untuk program fisik, kata dia, pihaknya akan membangun 19 lokal kelas untuk 19 SD di tiga kecamatan. Penambahan lokal baru itu, bertujuan untuk membuat daya tampung lokal kelas standart, yakni berisi 30 siswa. Jika satu kelas masih berisi sekitar 40 anak atau bahkan lebih, tentu sudah tidak standart lagi.
Jumlah penambahan lokal kelas yang dibangun dalam tahun ini, hampir sama dengan tahun sebelumnya. Tahun 2010 lalu, DAK digunakan untuk penambahan lokal kelas sebanyak 20 SD. ‘’Jika satu kelas berisi 30 anak, suasana belajar mengajar akan lebih nyaman,’’ tegas Zakaria.
Menurutnya, dana tersebut tidak akan digunakan untuk renovasi gedung sekolah. Masalahnya, kondisi gedung-gedung sekolah di Kota Batu sudah cukup memadahi, baik sekolah yang ada di tengah kota maupun di pinggiran desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar