Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Selasa, 18 Oktober 2011

Pameran Produk Mahasiswa dan Dosen UM

MALANG - Ingin sehat tapi tidak tersiksa dengan obat ? Mungkin salah satu solusinya minum kopi buatan mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM). Kopi merek Komeng ini bukan kopi biasa. Tapi kopi yang terbuat dari 100 persen buah mengkudu dan cocok dikonsumsi penderita diabetes, tekanan darah tinggi, atau kolesterol. Komeng saat ini dipamerkan di Gedung Graha Cakrawala UM dalam rangka perayaan Dies Natalis UM ke-57.
”Banyak yang ingin makan mengkudu tapi enggan dengan baunya, setelah kami olah jadi kopi bau mengkudu itu bisa hilang,” ungkap mahasiswa UM, Yulian Wahyu .
Aroma kopi memang kental dalam produk ini. Walaupun tentunya bau mengkudu tidak bisa hilang 100 persen sehingga membuat rasanya sedikit aneh. Namun jika dibandingkan mengkonsumsi langsung mengkudu tentunya produk ini jauh lebih nikmat.
Apalagi bisa diseduh dengan air panas dan ditambah sedikit gula, kenikmatan minum kopi plus bisa menyehatkan tubuh. Khasiat minuman ini di antaranya menyetabilkan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, obat disentri, sakit perut, batuk dan sembelit, melancarkan urin, juga melawan tumor dan kanker. Harganya pun cukup ekonomis, harga satu sachet dengan berat 25 gr hanya Rp 4500. Dan untuk kemasan 200 gram harganya Rp 35 Ribu.
”Kalau untuk harga komersil bisa lebih tinggi, harga yang kami bandrol sekarang belum menghitung tenaga baru bahannya saja,” kata dia.
Komeng ini diproduksi di Tulungagung yang banyak menghasilkan buah mengkudu. Mereka biasa membeli buah tersebut dari petani mengkudu. Kemudian buah dijemur, diopen dan disangrai hingga proses blender.
”Saat ini kami sudah punya pelanggan tetap, yang sudah beli minuman ini selalu minta dikirim lagi,” ujarnya.
Ke depan produk yang dibuat dengan dana dari Kementrian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) ini akan didaftarkan ke BPPOM. Karena itu penyempurnaan masih akan terus dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar