Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Kamis, 04 Agustus 2011

Dana Jamkesda Kota Batu Sudah Ludes

BATU - Tujuh bulan berjalan, dana Jamkesda Kota Batu sudah terserap Rp 1,3 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk 6 ribu pemegang Jamkesda, dan pengguna surat keterangan miskin (SKM) yang sebelumnya diusulkan pihak kelurahan dan kecamatan.
Endang Triningsih, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu menjelaskan, anggaran Jamkesda yang disediakan APBD Kota Batu, sudah habis. Dinkes harus mengajukan anggaran lagi lewat PAK, yang akan dibahas September nanti.
’’Kami mengajukan Rp 300 juta dalam PAK, yang akan segera dibahas di gedung dewan. Saya kira tambahan itu cukup mengcover pemegang kartu Jamkesda hingga akhir tahun ini,’’ ungkap Endang.
Menurutnya, anggaran paling banyak digunakan pembayaran tunggakan kepada Rumah Sakit Baptis sebesar Rp 300 juta untuk tahun 2010. Saat itu, Pemkot masih memiliki tunggakan tiga bulan terakhir karena klaim dari RS tersebut juga ada keterlambatan.
‘’Dulu ada perubahan system, sehingga ada tunggakan untuk akhir tahun 2010 sehingga kami tidak bisa melakukan pembayaran pada akhir tahun. Tunggakan itu harus kami bayarkan tahun 2011, sehingga membebani anggaran tahun ini,’’ tambah Koordinator IDI Komisariat Malang Barat ini.
Ditambahkan, penyakit pemegang Jamkesda maupun SKM, tergolong cukup berat. Antara lain, penyakit bronchitis, diabetes, stroke, ginjal hingga kolesterol. Padahal pada tahun-tahun sebelumnya, jenis penyakit tersebut lebih banyak diderita oleh kalangan menengah ke atas atau orang-orang kaya.
‘’Kami tahu penyakitnya, karena ada pemeriksaan sebelum dirujuk ke RS. Khusus untuk SKM, saya menandatangani 3-4 permohonan per hari,’’ pungkasnya. Jenis penyakit tersebut, tambahnya, terus menyerang warga kurang mampu itu karena tidak memperhatikan kesehatan, utamanya bagi para perokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar