Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Senin, 15 Agustus 2011

H-4 Truk Dilarang Masuk Batu

BATU - Mengantisipasi lonjakan arus wisatawan saat liburan Lebaran nanti,  Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kota Batu telah mengambil dua sikap. Yakni, melarang beroperasinya kendaraan berat pada H-4 sampai H+1 Lebaran kecuali truk tangki pengangkut BBM.
Sedangkan membludaknya parkir kendaraan wisatawan di obyek wisata, yang juga menjadi penyumbang kemacetan arus lalu lintas lantaran ruas jalan digunakan parkir, telah disiapkan dua lokasi parkir alternativ. Yakni, mengakses jalan kawasan Panderman Hill, dan areal luar Stadion Brantas.
Kadis Perhubungan, Komunikasi dan Informasi, Hidayat Murtadlo menjelaskan, lonjakan arus lalu lintas di Kota Batu terjadi pada saat sehari sampai dua hari setelah Lebaran. Karena itu, lanjut dia, pihaknya sudah menyiapkan berbagai langkah antisipasi kemacetan. Diantaranya pengaturan parkir dan membina juru parkir.
“ Untuk Jatim Park 2 misalnya, disiapkan area parkir tambahan di jalan yang mengakses ke Panderman Hill,” ungkapnya yang menambahkan pihaknya telah berkomunikasi dengan manajemen perumahan elit itu. “ Jadi disaat area parkir Jatim Park 2 penuh, kendaraan wisatawan diarahkan ke jalan yang mengakses Panderman Hill,” timpalnya.
Sedangkan pembinaan kepada 400 hingga 500 jukir yang menempati 100 lokasi parkiran, juga segera diagendakan. Namun pembinaan itu, dilakukan kepada para koordinator parkir.“ Mereka akan dibimbing  tentang teknis pengaturan arus lalu lintas, yang tidak sampai menimbulkan kemacetan, menjaga keamanan, tidak menaikan tarif parkir diluar ketentuan serta bersikap ramah,’’urainya.
Sedangkan menyangkut jalan alternatif, tetap diarahkan melewati Jalan Wukir hingga tembus Jembatan Brantas di Pendem. “ Kondisi jalannya memang kurang bagus, tapi kami segera koordinasi dengan   Bina Marga  untuk pembenahan sementara,” tandasnya.
Jalan alternatif lainnya, dari arah Sengkaling melewati Simpang Lima Junrejo. Sedangkan dari arah Karanglo bisa lewat Kalilanang tembus Desa Sidomulyo. Sedangkan akses wilayah barat, bisa  melewati Jalan Indragiri kemudian menuju Selecta. “ Di Jalan Indragiri sudah dipasang rambu penujuk arah walau bentuknya masih sederhana,” ujarnya.
Nantinya, petugas dari dinas tersebut yang diterjunkan sebanyak 35 personil tak boleh libur selama lebaran, bergabung dengan aparat kepolisian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar