Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Jumat, 09 September 2011

CPNS Guru Wajib Praktek Setahun

BATU – Ijazah S1 dan Akta IV, ternayata belum cukup bagi calon guru untuk langsung mengajar dalam sebuah sekolah di Kota Batu. Seorang guru, layak dinyatakan sebagai pengajar pada sebuah sekolah jika memiliki sertifikat induksi.
Dinas Pendidikan Kota Batu pun, mulai melakukan program induksi sekarang meski ketentuan itu baru diberlakukan tahun 2014 nanti. Program induksi tersebut, berlaku untuk guru dengan status CPNS. ‘’Jadi setiap guru baru, harus mengikuti program induksi dengan diberi kesempatan praktek mengajar di sebuah sekolah selama satu tahun. Jika dia mendapatkan penilaian atau rekomendasi pihak sekolah, maka dia layak menjadi guru,’’ ungkap Permadi, Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (TPK) Dinas Pendidikan Kota Batu.
Menurutnya program induksi diberlakukan sesuai dengan semua sekolah, yang harus berstandar nasional mulai tahun 2014 nanti. Dengan standart nasional, semua guru harus benar-benar layak mengajar agar mutu pendidikan semakin baik.
Dalam program induksi nanti, pihak sekolah akan menilai cara mengajar dan potensi yang dimiliki calon guru itu. Jika dalam waktu setahun calon guru gagal mendapat rekomendasi, waktu induksi bisa ditambah satu tahun lagi. Rekomendasi tersebut dibutuhkan untuk mengikuti diklat prajabatan, sebelum CPNS dinyatakan menjadi PNS.
‘’Jika dalam dua tahun pihak sekolah tidak memberikan rekomendasi, berarti guru yang bersangkutan tidak bisa mengajar. Dia tetap bisa menjadi CPNS atau CPNS, namun wilayah tugasnya bukan guru, tetapi bisa ditempat lain misalnya TU atau kantor dinas,’’ tegasnya.
Kualitas guru merupakan syarat utama bagi sekolah, untuk mendapat predikat berstandart nasional. Untuk itu, pihak sekolah harus benar-benar selektif memilih guru berkualitas. Dan untuk menentukan seorang guru berkulitas atau layak, guru tidak akan akan langsung dinyatakan layak mengajar.
Menurutnya, peminat guru saat ini sangat besar karena ada tunjangan profesi guru berstatus PNS yang bersertifikasi. Mereka bisa mendapatkan tunjangan sebesar gaji, sehingga pendapatan akan semakin besar. Jika peminat terlalu banyak, maka kualitas tetap harus dijaga terutama untuk calon guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar