Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Selasa, 13 September 2011

SMKN 3 Batu Dapat Block Grant Buat Film

BATU-Langganan juara festival perfilman nasional, SMKN 3 Batu dipercaya produksi film secara professional oleh Kementerian Pendididikan Nasional. Bantuan yang digelontor melalui Dirjen Pendidikan Kejuruan itu berupa block grant sebesar Rp 725 juta. Saat ini, proses pembuatan film dalam bentuk Film Televisi (FTV) mulai digarap.
Kepala SMKN 3 Batu, Didit Priyo Utomo mengatakan, hadiah berupa  block grant itu dgunakan untuk pembelajaran professional. Hal ini  sesuai kejuruan broadcasting yang dimiliki SMKN 3.
Bantuan block grant itu kata Didit, tak terlepas dari juara yang selalu disabet SMKN 3. “Dalam tiga tahun terakhir ini SMKN 3 Batu selalu masuk tiga besar dalam festival tingkat nasional. Karena selama ini dapat tidak dapat hadiah kecuali berupa sertifikat,  akhirnya hadiahnya berupa block grant,” jelas Didit disela-sela acara Pitching Forum Produksi Film Program Bantuan Pembelajaran Wirausaha Pendukung Industri Kreatif yang digelar SMKN 3 Batu.
Block Grant sebesar Rp 725 juta itu tidak diberikan kepada semua SMKN. Di Jawa Timur hanya dua SMKN saja yang mendapat bantuan, yakni SMKN 3 Batu dan SMKN 1 Surabaya. Sedangkan secara nasional, terdapat 10 SMKN yang mendapat bantuan serupa.
Sementara itu, sutradara yang juga guru SMKN 3 Batu, Yusak Santoso menjelaskan, nantinya ada dua ide cerita yang dipilih untuk produksi FTV untuk dua episode. Masing-masing FTV berdurasi 24 menit.
Saat ini terdapat sembilan ide cerita yang sudah dipaparkan dalam rangkaian proses seleksi. Sembilan ide cerita itu berasal dari berbagai kalangan di Malang Raya, yakni dari seniman dan praktisi.
Ide cerita yang akan dipilih sesuai sejumlah kriteria. Diantaranya setting, karakter pemain, nilai edukasi dan dan penguatan karakter kebangsaan. Setelah terpilih dua ide cerita, dilanjutkan dengan pengembangan naskah menjadi scenario,  desain produksi, rekrutmen kru dan pemain lalu memulai produksi. “Produksi film ini dikerjakan oleh praktisi, pendidik dan siswa SMKN 3 Batu serta alumni,” jelasnya.
Sesuai jadwal, penggarapan film tuntas pada November mendatang lalu ditayang di TV pada Desember tahun ini. TV yang akan menayangkan film yakni stasiun TV lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar