Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Rabu, 20 Juli 2011

Kirab Budaya Desa Punten

kirab budaya desa puntenkirab budaya desa punten

Dalam rangka mengedepankan nilai luhur, moralitas dan mengembangkan adat istiadat masyarakat yang baik, Desa Punten menggelar Kirab Budaya dan Grebeg Tumpeng yang terangkum dalam Budaya Selamatan Desa pada 8-9 Juli 2011. “Berbagai kegiatan ini dimaksudkan untuk menengok dan mengevaluasi diri secara material maupun spiritual dalam menjalankan aktivitas sehari-hari serta lebih bersyukur kepada Yang Maha Kuasa,” tutur Hernanto Sasmiko SH, Kepala Desa Punten Kecamatan Bumiaji Kota Wisata Batu. Kirab Budaya ini merupakan sebuah atraksi dan kreativitas budaya dari seluruh masyarakat Desa Punten yang diarak berkeliling menyusuri berbagai jalan di wilayah Desa Punten dan sekitarnya pada 9 Juli 2011. Dan kegiatan ini adalah kalender rutin tahunan yang dilaksanakan setiap bulan Ruwah atau bulan sebelum puasa ramadhan. Sebanyak 38 rombongan peserta dari Desa Punten dan 6 rombongan peserta partisipasi dari daerah lain mengikuti Kirab ini. Rombongan peserta ini masing-masing berasal dari warga masyarakat di setiap rw. Sedangkan, Jenis atraksi dan kreativitas yang ditampilkan dalam Kirab Budaya, meliputi kesenian daerah dan Parade Tumpeng.Kesenian Daerah ini seperti Kuda Lumping, Bantengan, Tarian Santar (Beksan Lantar/Sanduk), Reog, Pencak Silat, Tarian Kreasi Tradisional Pringorik, Fashion bermodifikasi bunga, Berbagai Jenis Tarian Tradisional dan sebagainya. Sedangkan Parade Tumpeng meliputi Jenis Tumpeng Kreasi berukuran besar yang diarak dengan mobil, serta Tumpeng Jabutan yang berkomponen jajan pasar.
kirab budaya desa puntenkirab budaya desa punten
Berbagai kesenian dan parade tumpeng ini diarak atau dikirab keliling di Wilayah Desa Punten dan sekitarnya. Pemerangkatan atau Start dilepas oleh Kades pada pukul 14.00 wib di Jalan Protokol menuju Selecta, tepatnya di depan Hotel Monalisa, menuju arah selatan dan belok ke barat masuk Jalan Melati, kemudian melewati jalan kelud menuju jalan di Dusun Pager Gunung wilayah Desa Gunungsari, lelu lewat prambatan menuju jalan di Dusun Sukorame Sukorembug Desa Sidomulyo, dari sini lantas belok ke utara melewati Jalan Raya Selecta yang kemudian berakhir atau Finish di depan Balai Desa Punten. Hadir dalam memeriahkan Kirab Budaya ini adalah Walikota Batu Eddy Rumpoko, Kadinas Parisata dan Kebudayaan Dra. Mistin MPd, Jajaran Muspika Kecamatan Bumiaji, Ketua PKK Kota Batu Ny. Dewanti Rumpoko, serta berbagai masyarakat yang berjubel di sepanjang jalan yang dilewati kirab budaya tersebut.
Seusai Kirab Budaya, acara Prosesi Grebek Tumpeng digelar di lapangan belakang Kantor Desa Punten. Walikota Batu dalam sambutannya mengatakan bahwa grebek tumpeng ini merupakan refleksi rasa syukur masyarakat Desa Punten setelah beraktivitas selama setahun. Sehingga berbagai hasil disedekahkan sembari mendoakan kepada para leluhur, terutama para pendahulu sesepuh desa, agar selalu mendapatkan ridlo dari Alloh SWT. Disamping itu, refleksi rasa syukur ini menjadi agenda rutin budaya yang dapat menungdang para wisatawan untuk berkunjung ke wilayah Desa Punten khususnya, serta ke Kota Wisata Batu umumnya.
Prosesi seremonial Budaya Selamatan Desa yang ditandai dengan selamatan Desa dan Kirab Budaya, Grebek Tumpeng dan Pagelaran Campursari sebagai hasil Budaya Daerah di Desa Punten ini dapat dijual ke para wisatawan untuk kunjungan wisata serta guna melengkapi pengembangan Desa Punten yang diprogram sebagai Pilot Project Desa Wisata di Kota Wisata Batu. “Hal ini merupakan salah satu komponen pengembangan Desa Punten sebagai Desa Wisata,” tukas Dra. Mistin MPd, Kadinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Wisata Batu. Dia juga berharap kepada seluruh komponen masyarakat untuk selalu menjaga keutuhan wilayah dan mengembangkan berbagai adat istiadat yang baik, serta hasil kreativitas di bidang seni tradisional di Desa Punten ini sebagai produk wisata.
kirab budaya desa puntenkirab budaya desa punten
Pada malamnya, 9 juli 2011 pukul 20.00 wib, di Lapangan Desa Punten juga digelar hiburan Seni Campursari Kontemporer yang juga berasal dari Desa Punten. Sebagai pembawa acara adalah Cahyono, serta dalang Kidun dari A-TV menggeber cerita wayang singkat di sela-sela pagelaran musik campursari tersebut. Demikian, sehari sebelum Kirab Budaya dan Grebek Tumpeng pada 8 juli 2011 pukul 5.30 wib, seluruh masyarakat dari 4 Dusun di wilayah Desa Punten, secara serentak mengadakan selamatan di 5 tempat yang dianggap keramat yaitu di Sumber Air Ngesong Lodengkol bagi warga rw.05 Banyuning, selamatan di Punden Gadung Melati bagi warga Dusun Krajan, di Punden Ketupuk Mbah Gimbal untuk warga Desa Kungkuk, di Punden Watudakon bagi warga Dusun Gempol, serta selamatan di Punden Mbah Gameng Wijoyo bagi masyarakat di Dusun Payan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar