Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Jumat, 01 Juli 2011

SPJ Molor, ADD pun Tak Cair

BATU – Anggaran Dana Desa (ADD) di Kota Batu, hingga memasuki Juli ini ternyata belum kunjung cair. Molornya pencairan tersebut, mengakibatkan sejumlah perangkat desa kelabakan karena tidak memiliki anggaran untuk membiayai kegiatan di desa atau kelurahan.
Malahan sejumlah perangkat pun, mengaku harus cari utangan dulu untuk membiayai kegiatan di wilayahnya masing-masing. Dan utang tersebut baru dikembalikan setelah anggaran ADD melalui Bagian Pemerintahan sudah cair. ‘’Sampai sekarang ADD belum cair. Jadi kami harus mengutang dulu untuk membiayai kegiatan,’’ jelas salah satu perangkat desa.
Molornya pencairan tersebut juga dibenarkan Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Batu, Imam Suryono. Penyebabnya masih klasik seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni laporan pertanggungjawaban ADD tahun 2010 dari desa belum selesai. Padahal pihaknya telah menyampaikan intruksi, agar SPJ segera di selesaikan.
‘’ Kalau SPJ tahun 2010 lalu belum selesai atau belum diserahkan, ADD 2011 jelas tidak bisa dicairkan,’’ ungkap mantan Camat Bumiaji ini. Dia menambahkan, hanya Desa Torongrejo yang sudah mengambil ADD lantaran perangkat desa tersebut telah menyerahkan laporannya.
Pria asal Bondowoso ini menambahkan, molornya SPJ pasti berdampak program kerja. Makanya wajar jika pihak desa saat ini menalangi kegiatan dengan anggaran dari luar, termasuk pembayaran insentif perangkat desa. Saat inipun masih banyak perangkat belum mendapat insentif mengingat potensi masing-masing desa, tidak sama untuk memberikan dana talangan.
Sementara Kades Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Suliono juga mengaku belum menyelesaikan SPJ. Kendala yang dihadapi, antara lain mengumpulkan bon belanja. Sebab bahan material yang digunakan untuk bahan dasar proyek fisik, dibeli dari berbagai tempat. Namun begitu, Suliono siap melengkapi semua kekurangan berkas pada SPJ-nya dan segara diserahkan pada Bagian Pemerintahan, paling lambat bulan depan.
Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, juga masih memiliki kendala mengenai tandatangan-tangan. Imbasnya, perangkat masih butuh waktu untuk menyusun SPJ. ‘’Ada beberapa tandatangan dalam SPJ, yang masih harus dilengkapi,’’ urai Kepala Desa Giripurno, Darmaji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar