Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Sabtu, 14 Mei 2011

E-KTP Dimulai September



BATU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu, siap menerbitkan KTP elektronik (E-KTP) mulai September hingga Desember mendatang. Dalam kurun waktu empat bulan itu, warga harus mengurus KTP baru menjadi KTP elektronik. 
‘’ Dalam tahun 2012, paling tidak semua warga sudah berganti KTP elektronik. Dan mulai September, warga sudah bisa mengurus E-KTP tersebut,’’ ungkap Syamsul Huda, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu.  
Saat ini pihaknya masih melakukan perlengkapan piranti, untuk meuwujudkan pelayanan E-KTP itu. Sebanyak 13 unit computer dan server, nantinya disiapkan di kantor tersebut maupun di kantor kecamatan. Semua komputer akan terhubung dan online, dengan data di Kementerian Dalam Negeri. Dengan begitu data yang ada pada pemegang KTP akan terhubung hingga nasional. 
Sistem E-KTP digunakan untuk mewujudkan Single Identity (identitas tunggal) bagi penduduk, sehingga tidak ada lagi KTP ganda. Data yang direkam dari warga pada kartu KTP baru itu, berupa foto diri, sidik jari dan data elementer lainnya. Setiap penduduk mendapatkan satu Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar