Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Sabtu, 28 Mei 2011

SMAN 5 Malang ( R S B I ), Terima ISO, Jadi Anggota PASCH

MALANG- SMAN 5 Malang adalah sekolah yang mendapat kepercayaan dari Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (R-SMA BI) pada tahun 2007 dan pada tahun  ini memasuki tahun keempat. Sejak 2008 lalu sertifikat ISO sudah diterima oleh sekolah yang beralamat di Jalan Tanimbar 24 ini. Diawali dengan ISO 9001:2000 dan kemudian ditingkatkan menjadi ISO 9001:2008. Sertifikat ini diberikan oleh lembaga sertifikasi Bureau Veritas.
Ketua Program RSBI SMAN 5, Dra Setyawati M.Pd menjelaskan program SBI di SMAN 5 ini dikembangkan berbeda dengan sekolah lain. Keunggulannya adalah siswa tidak hanya mengikuti ujian internasional pada empat mata pelajaran wajib dari direktorat, tapi juga dikembangkan pada mata pelajaran Ekonomi, TIK dan Bahasa Asing.
”Siswa kami sudah ada yang memiliki sertifikat internasional untuk kemampuan bahasa asing, di antaranya sertifikat Bahasa Jerman, Perancis, Mandarin dan Jepang,” ungkapnya.
Untuk memperluas wawasan internasional para siswa, diberikan bahasa asing pilihan yaitu Bahasa Jerman, Jepang, Arab, Perancis dan Mandarin selain Bahasa Inggris. Sekolah juga berusaha menjalin hubungan dengan lembaga yang memungkinkan para siswa  berkunjung ke  negara yang bahasanya  mereka pelajari.  Berkat kerjasama yang baik dengan pusat kebudayaan Jerman Goethe-Institut, SMAN 5 terpilih sebagai salah satu dari 28 SMA di Indonesia sebagai anggota PASCH (mitra sekolah menuju masa depan) yang bersifat internasional.  Melalui program tersebut, kepala sekolah, guru Bahasa Jerman dan para siswanya berkesempatan berkunjung ke Jerman.
Saat ini sudah ada tiga siswa  SMAN 5 yang telah berkunjung dan belajar Bahasa Jerman bersama  siswa dari berbagai negara lainnya. Pada bulan Juni 2011 segera berangkat tiga siswa yang lain. Selain program PASCH, para siswa juga disarankan untuk mengikuti seleksi program AFS, EJU (Jepang), dan lainnya.
”Bahkan ada alumni kami yang mendapat beasiswa Monbukagakusho dan sekarang studi di Hatori Nutrition College, namanya Alfa Adirina Afandi,” jelasnya.
Selain menggenjot kompetensi siswa, SMAN 5 juga konsen membina karakter terutama kedisiplinan. Untuk mendukung program kedisplinan ini layanan sekolah dilengkapi dengan CCTV di setiap kelas dan beberapa tempat tertentu. Tak hanya itu agar siswa sehat dan bugar ada fasilitas rekreasi siswa, juga fasilitas lapangan basket, volley ball, tennis meja dan tenis lapangan.
Sementara untuk penguatan karakter siswa dalam mencintai budaya bangsa, SMAN 5 Malang juga memberikan kesempatan kepada mereka untuk mempelajari seni budaya tradisional seperti seni karawitan panembromo, seni tari dan seni teater selain seni musik dan seni suara.
Pengembangan fasilitas pendukung pembelajaran diprogramkan dengan rencana membangun perpustakan sekolah yang baru.  Dengan fasilitas pendukung yang lebih baik diharapkan prestasi para siswa semakin baik. Saat ini beberapa prestasi telah diraih oleh siswa, termasuk kepercayaan bagi sekolah mewakili Kota Malang dalam pawai seni budaya tingkat provinsi Juni mendatang di Probolinggo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar