Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Minggu, 01 Mei 2011

Pendaftaran SNMPTN

MALANG - Siswa SMA sederajat yang sudah mengikuti Ujian Nasional (UN) sejak hari ini bisa mulai mendaftar ke perguruan tinggi melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tes tulis.
Pendaftaran akan dibuka 2 Mei hari ini dan ditutup 24 Mei mendatang. Pendaftaran ini dibuka bagi calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur tulis maupun keterampilan.
Ketua Panitia Lokal (Panlok) SNMPTN Malang, Prof Dr Ir Bambang Suharto menuturkan Universitas Brawijaya (UB) Malang sebagai panitia lokal SNMPTN Malang sudah mempersiapkan diri melayani pendaftaran calon peserta SNMPTN tahun ini.
‘’Meskipun UN belum diumumkan silahkan saja mendaftar diawal, supaya tidak ada masalah kalau mendaftar diakhir jadwal pendaftaran,’’ ungkapnya.
Pembantu Rektor I UB Malang ini menjelaskan tahun lalu banyak pendaftar yang baru melakukan pendaftaran diakhir jadwal. Akibatnya terjadi penumpukan pendaftar sehingga ada gangguan pada sistem pendaftaran online. Walaupun tahun ini panitia pusat SNMPTN sudah menambah kapasitas bandwith.
Seperti tahun sebelumnya, peserta jalur ujian tertulis akan dikelompokkan menjadi tiga kelompok, IPA, IPS, dan IPC (campuran IPA dan IPS). Setelah mendaftar online, peserta membayarkan biaya ujian tulis sebesar Rp150.000 untuk kelompok IPA dan IPS serta Rp 175.000 untuk kelompok IPC.
Para calon peserta SNMPTN tes tulis dapat mendaftar secara online dengan mengakses http://www.ujian.snmptn.ac.id. Pendaftaran dilakukan melalui dua tahapan.
Tahapan pertama bagi pendaftar lulusan 2009 dan 2010 dimulai dari 2 Mei hingga 10 Mei 2011 dan tahap kedua untuk pendaftar lulusan tahun 2011 dimulai dari tanggal 11 Mei hingga 25 Mei 2011.
Terkait mekanisme pembayarannya, calon peserta SNMPTN jalur ujian tertulis dapat melakukan pembayaran melalui bank yang telah ditunjuk. Pembayaran bisa dilakukan di loket, ATM, internet banking, SMS banking.
Panitia juga sudah menjadwalkan waktu pembayaran yang berbeda untuk lulusan tahun ini dan tahun sebelumnya. Untuk lulusan tahun 2009/2010 mulai tanggal 2 sampai dengan 9 Mei dan untuk calon peserta yang lulus tahun ini dapat membayar mulai 2 hingga 24 Mei.
Para pendaftar dapat memperoleh informasi umum mengenai SNMPTN dengan mengakses laman http://www.snmptn.ac.id atau melalui HALO SNMPTN 2011 (call center) 0804-1-450-450 selama 24 jam.
‘’Kalaupun pendaftar ternyata tidak lulus UN maka harus bersedia membatalkan pendaftarannya, karena syarat ikut SNMPTN adalah yang lulus UN,’’ pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar