Welcome to the Earth .... --- Salam Warkop ---

Halaman

Sabtu, 14 Mei 2011

Optimalkan Gedung Kesenian

BATU – Warga Kota Batu meminta gedung kesenian Mbahtu Aji Art Center, harus dimanfaatkan secara maksimal demi pengembangan seni di kota wisata ini. Masalahnya, pembangunan tersebut sudah menghabiskan anggaran sekitar Rp 5 miliar sehingga akan sia-sia jika dipergunakan dengan baik.
Tokoh seni budaya, Ki Jopo Sumarah Purbo mengatakan, pemanfaatkan gedung itu antara lain untuk latihan maupun berbagai pementasan. Bangunan di ruang tertutup bagian depan, bisa digunakan untuk latihan. Sedangkan bagian belakang bisa untuk pementasan.
‘’ Gedung ini dibangun dengan APBD atau uang rakyat. Pembangunan akan sia-sia jika tidak ada pemanfaatan untuk latihan ataupun pementasan skala lokal maupun nasional,’’ ungkapnya.
Menurutnya, Pemkot sebagai pengelola gedung tersebut harus berani membuka diri pemanfaatan gedung itu, dan jangan sampai malah memberikan batasan-batasan yang ujung-ujungnya gedung tidak bisa digunakan untuk pengembangan seni.
‘’Gedung ini bisa menjadi layaknya sanggar dan lokasi pementasan. Ketika pentas, Pemkot juga harus berani mengundang berbagai kalangan atau mendatangan wisatawan ke sini,’’ tambahnya.
Kepala Dinas Parwisata Kota Batu, Hj Mistin menjelaskan, pihaknya sangat membuka diri untuk pemanfaatan gedung itu demi perkembangan seni di Kota Batu. Salah satunya, dia sudah mendekati guru-guru seni sekolah di Batu untuk latihan menari di lokasi tersebut.
‘’Banyak guru seni (tari) di sekolah-sekolah, dan mereka bisa memanfaatkan atau membuat jadwal latihan di gedung itu,’’ kata mantan Kepala Dinas Pendidikan ini.
Selain latihan rutin, pihaknya siap menyusun even-even seni. Antara lain festival reog, campursari, jaran kepang, ludruk dan even lain. Jika semua itu dijadwalkan dengan baik, perkembangan seni di kota ini akan makin meningkat demi perkembangan pariwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar